Saturday, October 03, 2009

Batik

HARI BATIK SEDUNIA!!!

Ya, kemarin adalah hari batik sedunia yang ditetapkan oleh UNESCO karena batik sudah ditetapkan sebagai WARISAN BUDAYA INDONESIA. Sungguh hal ini merupakan sebuah kelegaan yang luar biasa mengingat beberapa minggu yang lalu Indonesia masih grasa-grusu mengenai berita bahwa salah satu negara TETANGGA kita akan meng-claim batik sebagai milik negaranya. Sungguh tetangga yang tak tahu malu. Mereka benar-benar menerapkan peribahasa 'rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau' dan mereka ingin semua rumput dari Indonesia dipindahkan ke tempat mereka. Dengan segala cara, mereka merebut apa yang menjadi milik negara kita yang tercinta, mulai dari pulau, makanan, baju tradisional, bahkan pelajar.

Namun, ada hal baik juga yang kita dapatkan dari kejadian-kejadian ini. Setidaknya, masyarakat Indonesia kembali tergugah untuk menunjukkan kepada dunia bahwa BATIK adalah milik kita. Corak yang terlupakan ini kembali menghiasi etalase-etalase toko saat kita berjalan-jalan di mall atau pusat perbelanjaan lainnya. Para desainer mulai mengerahkan kemampuan mereka untuk merancang batik modern dan para konsumer mulai merogoh kantong mereka untuk menunjukkan kepada dunia bahwa batik adalah milik INDONESIA!!!

Saya sangat senang batik sudah 'menikah' dengan Indonesia. Janur kuning sudah melengkung dan batik bukan lagi milik bersama. Batik adalah milik Indonesia dan Indonesia adalah milik batik. Titik. Tak ada kompromi.

Namun, sebenarnya saya sendiri tidak berpartisipasi dalam event akbar ini. Pertama, saya tidak punya batik. Kedua, saya tak punya waktu pergi membeli batik sebelum 2 Oktober. Ketiga, saya tidak punya rupiah yang cukup untuk membeli batik. Ya, oke, mungkin ketiga alasan itu kelihatan tidak valid, tapi sungguh, saya ingin berpartisipasi, tapi apa daya tangan tak sampai.

Oke, untuk HARI BATIK SEDUNIA tahun depan, saya akan berpartisipasi. Janji.

Indonesia cinta batik. Batik cinta Indonesia.

U're the best I've ever had
~FeN~

0 thoughts: