Wednesday, April 16, 2008

Akselsatuforever




Belajar di Lee Wee Nam ternyata amat sangat membahagiakan...
Kumpul-kumpul sama anak-anak Palzzzntu laennya sembari ngerjain soal sambari ngobrol sembari ngegosip sembari menghabiskan waktu luang...

Hahaha...
I love Lee Wee Nam... ^^

Tadi bareng-bareng Jefry, Windi, roomie, Delli, Nicos, Tepen, dan Asun... Baliknya, anak-anak hall bawah alias semua mantan anak aksel (Jefry, Windi, saya, Delli) min
us roomie nostalgia masa-masa SMP...

SMP saya di SMP Xaverius 1 Palembang, tempat di mana saya menghabiskan waktu dua tahun menuntut ilmu sebelum akhirnya melanjutkan ke SMA Xaverius 1 Palembang...


Ya, 2 tahun yang amat sangat berkesan sekali...


Kenapa saya bisa masuk kelas akselerasi???


Ceritanya gini...
Sebelum saya masuk SMP, belum ada yang namanya jalur penelusuran minat dan bakat alias PMDK buat masuk ke SMP Xaverius 1...

So, mau ga mau, semua anak yang kepingin masuk sana harus ikutan tes masuk dulu...
Setelah tes dan hasilnya keluar, ternyata saya dapet peringkat kedua dari semua orang yang ikutan tes... Peringkat pertamanya sahabat baik saya di kala itu, Sienny... Ga heran, dia jago banget matematika...^^

Mulanya kita ga tau apa fungsi peringkat-peringkat itu... Intinya, kita semua didistribusiin ke kelas yang beda-beda... Waktu itu saya masuk kelas 1A bareng Sienny, Wahyu, dan, hmm, hmm, saya lupa... Haha...
Terus tiba-tiba, 51 besar dari hasil tes masuk dikumpulin di satu kelas... Tiba-tiba ngeliat muka-muka nyeremin dari berbagai SD di Palembang... Dari sekolah saya, alias SD Xaverius 1 Putri, ada saya, Sienny, Savitri, Valencia, Nenny, Novianti, dan masih ada yang saya lupa... Dari SD Xaverius 2 ada Delli, Jefry, Agung, Andre, Suhardi, dan yang laen yang saya lupa siapa aja... Ada juga Windi, Jessica, n Nico dari Baptis... Ada yang dari SD Xaverius 9, SD Indriasana, SD ini, SD itu, dan SD lain-lain...

Dan akhirnya, terpilihlah 26 orang
yang katanya 'berhak' masuk kelas akselerasi... Yayayayay, 26 orang... Kecil banget kelasnya... Kelas percobaan ini dapet ruangan di ujung, ruangan yang mungil, kecil, imut, dan punya perpustakaan sendiri (tapi sayang jarang dipake)... Sayangnya... 26 orang ini ga bertahan sampai akhir... Di pertengahan semester pertama, Novianti harus hengkang karena kondisi kesehatannya yang ga memungkinkan... Herry dan Denny menyusul Novianti di akhir semester kedua... Lalu, Quina dan Raisa juga harus 'tereliminasi' di akhir semester keempat... Dan inilah daftar nama-nama anak Aksel yang bertahan hingga akhir...

1. Adeigha Mankotama (Kamboja---SMAN17---ITB)
Nih anak dulu jahat banget sama saya... Saya sering dikata-katain terus diajak berantem... Berhubung saya orangnya mudah panas, ya, saya ladenin kalo diajak berantem... Tapi sekarang kami udah damai, kok... Oh, ya, mukanya Deigha udah berubah banget... Dulu panggilannya 'Bibel' alias bibir tebel... sekarang kayanya ngga lagi deh...

2. Aditya Saputra (SDXav9---Kamboja---Bangau---Palcomtech)
Adi selalu make nama diri kalo ngomong... For instance, biasanya orang kebanyakan bilang, "Saya mau makan" ato "Gue mau makan" ato "Aku mau makan", tapi kalo kalimat itu diucapkan sama Adi, kalimatnya bakal berubah menjadi "Adi mau makan"... Haha, inilah uniknya Adi... Adi ini dulunya Pelajar Teladan se-Sumsel, lho...^^

3. Agung Sugiarto Tan (SDXav2---Kamboja---Bangau---NTU)
Pertama kali ketemu Agung waktu ikutan seleksi lomba bidang studi Bahasa Indonesia tingkat kecamatan di SDN di belakang taman makam pahlawan... Saya sempet heran, kenapa Agung malah ikutan lomba bahasa bukannya matematika... Haha... Agung yang waktu SD juara umum kedua di sekolahnya ini orangnya baek dan gila maen game...

4. Andre Chandra (SDXav2---Kamboja---Bangau---NTU)
Waktu SMP dulu, saya dan Andre hampir tiap hari ketemu... Sekolah sampe sore, terus les inggris bareng, terus les pelajaran bareng... Intinya, jadwal kami hampir sama semua deh... Hehe... Nih anak dulu sering duduk di depan saya... Dulu juga pernah digosipin sama Raisa gara-gara salah nginget hari ultah Raisa sebagai hari Pahlawan... Haha... Kocak...^^

5. Cenderawati Sulianto (SDXav1---Kamboja---Bangau---SIM)
Cencen ini adalah anak aksel yang umurnya paling muda... 23 Januari 1991... Udah sekolah kecepetan, aksel lagi... Keren... Dia punya kebiasaan yang unik, yaitu komat-kamit kalo belajar... Waktu dia belajar, diharapkan yang laen ga ribut... Kalo masih berani, siap-siap aja 'disemprot'... Cencen ini orangnya perfeksionis abis dan pinter ngerjain prakarya dan kerjaan gambar-menggambar...

6. Christina Yunita Widyaningrum (SDXav9---Kamboja---Bangau---Unsri)
Christina ini orangnya pendiam, mukanya manis banget, rambutnya keriting-keriting... Pokoknya imut deh... Ketemu dia pertama kali di lomba Matematika di Unsri waktu masih SD kelas 6... Kadang-kadang dia suka murung-murung ndiri... Overall, she is a good friend... Miss ya...

7. Cornelia Dya Ariestia Pratami (SDXav5---Kamboja---Bangau---MDP)
Dya ini cewek pertama aksel yang punya pacar... Maklumlah, sebagai anak-anak yang terisolasi dari dunia luar hanya untuk belajar, 'punya pacar' mungkin jadi hal yang agak unik... Dan Dya ini pemecah rekornya... Sebelum masuk aksel aja dia udah punya gebetan... Hebat, yah? Haha... Oh, ya, cewek ini selalu bawa kotak pensil yang isinya lengkap kaya mini market... Ada pena berbagai macam warna, lem gunting, silet, selotip, stapler, dll, dsb, dkk...

8. Dharma Delli Hakin (SDXav2---Kamboja---Bangau---NTU)
Delli ini sering duduk di sebelah saya dulu, secara kita duduknya bebas setiap hari, jadi nomaden gitu... Orangnya pinter, tapi omongannya suka ngalor ngidul ga karuan gitu... Mungkin dari omongannya yang ngalor ngidul itu, saya cuma ngerti 10%-nya... Dulu tulisannya jelek, tapi sekarang udah jadi bagus n rapi...^^

9. Farenco (SDXav2---Kamboja---Bangau---Trisakti---MDP)
Farenco, imut-imut dan menggemaskan... Kejadian yang paling saya inget adalah ketika ulangan sejarah dia dapet 100, padahal ga semua jawaban dia tau dan dia nulis 'no comment' di tempat-tempat yang dia ga tau jawabannya... Eeeh, mentang-mentang tulisannya bagus, dikasih 100... Haha... Tapi sejak masuk SMA, saya tak ditegurnya... Hiks...

10. Febrina Aryani (SDXav1---Kamboja---Bangau---NTU)
Agak sulit rasanya mendeskripsikan diri sendiri... Haha...

11. Isabella Kusuma Anjelin (SDXav2---Kamboja---Kumbang---UnAir)

Icha nama panggilannya... Rumahnya di deket rumah saya... Dia juga kelahiran tahun 1991... Masih muda... Duh, kok tiba-tiba saya jadi merasa tua yaa... Haha... Sejak masuk SMA, saya agak-agak lose contact sama Icha...

12. Jefry Hardy (SDXav2---Kamboja---Bangau---NTU)

Jefry Hardy... Juara umum pertama di SD Xaverius 2... Suka keluyuran di kelas, sering mengeluarkan statement-statement yang bener-bener 'jlebb' juga... Jefry masih childish abis walopun dia udah tinggi sekarang... Dulu, waktu SMP, dia lebih pendek dari saya, tapi sekarang... Saya cuma sepundaknya dia... Tidaaaakkkk... Hix... Oh, ya, mobilnya Jefry itu kaya angkot... Sering ditumpangi orang-orang dari segala penjuru... Haha...

13. Lisa (SDXav5---Kamboja---Bangau---UKDW)
Sahabat baek saya... Dulu ikutan seleksi bidang studi matematika... Sienny dulu suka cerita-cerita tentang dia walopun saya baru kenalnya waktu SMP... Lisa ini orangnya keras, terkadang ga mau diatur... Tapi dia enaaaaak banget diajak bergosip ria... Haha... Lisa, Lisa, kangen bangedh sama kamu...

14. Mario Saputra (SDXav2---Kamboja---Bangau---MDP)
Adeknya Nicholas Saputra... Haha... Mario ini kadang-kadang suka ketawa-ketawa sendiri... Orangnya pinter, tapi tulisannya kecil-kecil kaya semut gitu... ^^

15. Renni Angreni (SDXav5---Kamboja---Bangau---MDP)

Nih anak juga masih saahabat baek saya sampai sekarang dan saya harap kami bisa trus sahabatan sampe maut memisahkan kita... Anaknya cantik dan cewe banget... Saya ketemu sama Renni pertama kali juga di seleksi bidang studi Bahasa Indonesa tingkat kecamatan... Dia pernah bilang kalo waktu pertama kali liat saya pidato, dia terpesona karena saya dah bisa pidato, sementara dia belum diajarin... Hehehe... Renni, Renni...

16. Savitri Rahayu (SDXav1---Kamboja---Bangau---UGM)
Savitri Rahayu... Satu SD sampe SMA bareng saya... Tapi saya baru kenal nih anak waktu SMP... Waktu SD dia keliatan sengak banget... Ga mau negur gitu... Swt yah? Haha... Tapi sekarang dia termasuk salah satu kawan baek saya... Orangnya suka protes dan ngajak berdebat... Seru deh kalo ngobrol sama dia...^^

17. Sienny Valensia Gunawan (SDXav1---Kamboja---Bangau---MDP---?)

Sienny ini sahabat saya dari SD sampai SMP... Entah karena apa, ato saya ada bikin salah sama dia yang saya ga tau, kita ga deket lagi setelah masuk SMA... Dulu kita deket banget, sampe-sampe diomongin kembar sama Mr. Ardi, guru bahasa inggris kami... Dia ini cewe paling cantik di kelas kami, dikejer banyak orang dari segala penjuru bumi... Haha... Tapi kayanya dia udah not available deh sekarang...^^

18. Suhardi Kurniawan (SDXav2---Kamboja---Bangau---Psb Academy)
Suhardi juga sering berantem sama saya waktu SMP... Kalo ga salah, dulu, gara-gara masalah maen bola, dia pernah memprovokasi cowo-cowo sekelas buat musuhin semua cewe-cewe di kelas... Ya, alhasil, terjadilah Perang Dingin antara Blok Barat dan Blok Timur... Ckckck...

19. Surya Fajarianto (Indriasana---Kamboja---Gembala Baik---Atma Jaya)
Cowok paling tinggi di kelas... Orangnya keliatan pendiem dari luar, tapi kalo udah kenal, dia bisa ngomongin hal-hal yang kocak dan di luar dugaan... Dulu saya digosipin sama dia... Haha... Ga penting... Waktu SMA, dia pindah, balik lagi ke Pontianak... Sekarang dia ada di Atma Jakarta... Well, saya udah agak kehilangan kontak sama dia...

20. Valencia Christanto (SDXav1---Kamboja---Bangau---Unpar)
Valen ini adalah temen saya sejak SD kelas 1... Jadi, intinya, saya temenan ama dia sudah hampir 12 tahun... Orangnya pendiem, tapi sekarang udah mulai ga terlalu pendiem lagi... Wakaka... Dulu dia digosipin sama Windi... Haha, anak aksel ga ada kerjaan, gosip-gosipon orang... Haha... Valen, Valen... I miss you...

21. Wahyu Benardo Fantony (SDXav2---Kamboja---Kumbang---NTU)
Wahyu yang dulu dan Wahyu yang sekarang sudah sangat berbeda.... Dulu, dia suka ngatain orang, terus suka marah-marah ga jelas... Saya pernah mau pinjem pena dia, eh saya malah disemprot, "Modal oi, pena sikok b, dak sanggup beli apo?" (Arti : Modal dikit donk, masa satu pena aja ga sanggup beli??)... Lucu banget kalo diinget-inget... Sekarang Wahyu udah punya pandangan yang jauh lebih dewasa dan terbuka... ^^

22. Win Di (Baptis---Kamboja---Bangau---NTU)
Win Di ini dulunya saya ga terlalu kenal, karena dia kelihatannya agak pendiem... Tapi, ternyata, dia ga pendiem sama sekali... Malah dia sering mengeluarkan statement-statement yang memacu inspirasi saya buat ngeblog... Thanks, Win... Waktu SD dia juga ikutan seleksi bidang studi Matematika bareng Sienny, Delli, Lisa... Mereka saingan mulu... Hahaha...

Hmm... 22 orang dah saya deskripsikan secara roughly... Yaa, emang subjektif sih... Karena ini berdasarkan pengalaman saya sendiri...
Dua ta
hun jadi bagian kelas ini bener-bener sebuah anugerah...
Walopun ada juga kejadian pahit, tapi memori-memori pahit ini lah yang akan lebih manis untuk dikenang...^^


Semua yang terjadi di kelas ini bener-bener meninggalkan kesan yang mendalam bagi saya... Kata orang SMA adalah masa paling indah, tapi bagi saya, SMP jauh lebih indah dan membahagiakan... Saya malah kepingin terus-terusan jadi anak umur 13-14 tahun biar bisa ngerasain yang namanya SMP yang everlasting...

Ga terasa hampir 4 tahun berlalu sejak kelulusan kami dari SMP Xaverius 1... Sudah banyak yang berubah dari diri kami semua... Cowo-cowo yang dulunya masih imut dan lugu, sekarang udah tumbuh jadi cowo yang se
benernya, mulai belajar bertanggung jawab untuk kehidupannya... Cewe-cewe yang dulunya hanya tau cekikikan sekarang sudah lebih siap untuk menghadapi dunia yang kejam di luar sana... Yaa, saya satu-satunya cewe yang terdampar di NTU ini, dan saya kangen sekali sama temen-temen cewe saya...

Miss you all...


U're the best I've ever had

~FeN~


P.S. Nih, ada tugas... Cari perbedaan antara foto yang atas dan yang bawah...

15 thoughts:

Adi Wijaya said...

wow... masih bisa sampe sedetil itukah ingetanmu? atau abis buka2 buku kenangan? :p

kebalik nih, kalo aku SMP itu masa2 tanpa memori indah sama sekali, bener2 masa di mana aku down, gak ada enak2nya.. temen dikit, dll..

SMA salah 1 masa paling ok, tp juga kehidupan kuliah gak kalah keren :P
(ak sebelum di sini jg kuliah d tempat laen dulu setahun) :P

tapi gimanapun, km ngerasa itu sesuatu yg berharga setelah km nglewatin kan? :p kl km terus2an di masa tsb, bosen donkk...

dulu di SMA jg ngerasa gitu, pengen cepet2 ke luar aja, eh.. d luar, lingkungan baru, temen jg baru, jadi kaaanggeenn banget ama SMA, temen kost, dll :P

(eh, nyambung gak ya commentku? kok jadi aku jg cerita2 diri sendiri)

anyway, all the best selalu and keep posting :)

~'FeN'~ said...

Masih inget donk...
Buku kenangan semuanya di rumah, jadi ga mungkin buka-buka...
Hehehehe...

Bisa sih kalo mau lebih detail lagi, tapi cape mo ngetik...

Wakakaka...

SMA juga indah sih...
Tapi SMP jauh lebih indah...

^^

Waaaa...

Exaaaammm...

Adi Wijaya said...

santai boss.. can lar...
:p

do your best

kapan selesai?

~'FeN'~ said...

29 malem...
Sebenernya core udah selese 24 sih...
Hehehe...

Masih 5 exam menanti...
2 core...
3 elective...

Kamu kapan?

Adi Wijaya said...

selesai tanggal 25, sem ini cmn 4 exam aja, 3 core 1 ahss, yg jadi masalah tggl 25 itu 2 exam core yg itunganny paling sulit...
oh tidaaaakk!!
16-17-25-25 not bad kan? :p

alias masi ada waktu seminggu utk belajar.. pertama kalinya selesai sebelom exam terakhir, yipeee!!

pulang kampung nanti? ada SS?

~'FeN'~ said...

Ngambil SS donk... Kamu???

Ya, lumayan tuh jadwalnya, tapi 25 kok 2 core... Itu yang agak 'err' yah...

Hehe...
^^

Saya 15-18-22-22-23-24-29...

Gila ya jadwal saya?
Hahaha...

Adi Wijaya said...

SS gak ambil..

gak pernah ngambil jg, dan gak ada rencana ngambil..

ak gak ada ambil minor, jadi ya buat apa ngambil SS :p

hahaha... exam anak2 engineering emang kyk gitu deh, buaaanyak...

anak CSC CE exam dikit, tapi projectnya bikin punyeng euy...

balik indo nanti?
atau bakal travelling lg?

~'FeN'~ said...

Balik Indo lah sebulan...
Kangen mama...
Hahaha...
^^

Kamu?
Jepang?
Korea?
^^

Adi Wijaya said...

busett... kalo ada duit sih ya aku mau2 aja ke daerah sono...

tiap kali makan Rp. 100rb'an? wehh... gak kukuh deh...

mungkin kapan2 boleh deh ke sono :p

tp utk prioritas utama, masih ingin melihat everest dr jarak dekat, huehehe..

ada minat jalan2 selama di indo? lai laii .. ke bali aja.. dukung visit indonesia 2008 kan?? :P

~'FeN'~ said...

Saya udah ke Bali 2 kali...
Dan masih kepingin pergi lagi...
Hahaha...

Ke Palembang aja...
Banyak makanan...
^^

Adi Wijaya said...

Nanti aja bln des brg2 liburan lg k bali, komang jg mau balik kampung nanti desember :p

Kykny ak krg cocok ama makanan palembang, tp krupuknya ak suka bgt :p

Sg - palembang mesti lewat batam / naek silk air kan?
Mei you qian a..

~'FeN'~ said...

Yup...
Kalo ngga lewat Batam, ya naek Silk Air...

Monopoli...
Jadi mahal...

Hehehe...

Mo keliling Indo, terus keliling dunia...

Hahaha...
^^

imambenjol said...

ini chat log ato comment board si? cekaka

*peace

~'FeN'~ said...

Chat log sekalian comment board...

Sambil menyelam minum aer...
Terus tersedak sampe tenggelam...

Hehe...

Wahyu Benardo said...

mak..

wajar la inget..

7 of us di sini :D
sisanya se SMA..

hihi.

gk la aku bantu bikin serial nyo jg :D