Saturday, February 21, 2009

Sedikit kembali ke masa lalu

Baru saja membaca thread Kaskus yang ini, dan saya kembali pada memori-memori masa kecil yang tak bisa dilupakan.

Mighty Morphin Power Ranger, salah satu program kesayangan pada saat saya masih merengek-rengek minta dibelikan mainan. Tak terasa, sekitar satu dekade telah terlewati dan saya masih menyimpan cinta pada acara-acara semacam ini.

Ya, masa kecil saya, diisi dengan kartun-kartun dan acara-acara semacam ini. Saya ingat betul, hari minggu saya tak pernah diwarnai dengan cerita 'bangun kesiangan'. Kenapa? Tentu saja karena acara khusus anak-anak yang ditayangkan sejak pagi buta hingga matahari beranjak tepat di atas kepala.

Hari minggu, jam setengah enam pagi, saya sudah bisa ditemukan duduk manis di depan televisi, dan saya akan tetap bertahan sampai jam setengah sebelas atau jam sebelas. Ya, mulai dari Club Disney, Wedding Peach, UFO Baby, Chibi Maruko Chan, Hamtaro, Doraemon, Detective Conan, Cardcaptor Sakura, Power Ranger (mulai dari Mighty Morphin sampai Light Speed Rescue dan sebangsanya yang tak bisa lagi saya ingat), sampai Tamiya dan lain-lainnya. Saya lahap semuanya sampai habis.

Saya ingat, saya masih setia menonton acara anak-anak hingga saya SMP, sampai suatu ketika, porsi untuk acara anak-anak semakin berkurang dan terus berkurang. Saya ingat, selain hari Minggu, biasanya acara anak-anak ditayangkan sekitar jam empat sore. Saya juga suka menonton di saat-saat ini, jika tidak ada les.

Selain kartun-kartun dan film anak-anak, masa kecil saya juga diisi dengan lagu anak-anak yang dinyanyikan oleh penyanyi-penyanyi cilik berbakat. Sebut saja trio Kwek-Kwek, Joshua, Maissy, Chikita Meidy, Enno Lerian, dan Sherina, tak ada yang tak tahu mereka.

Namun, saya miris melihat nasib anak-anak zaman sekarang. Tontonan khas anak-anak sudah sangat minim, begitu pula dengan lagu anak-anak. Lalu apa yang dikonsumsi oleh mereka sekarang? Sinetron, FTV, reality show, dan lagu orang dewasa. Apakah pantas?

Minggu pagi, dulu saya dan ribuan anak kecil lainnya bisa menikmati kartun sampai puas. Sekarang? Kartun hanya ditampilkan sampai sekitar jam sembilan sebelum akhirnya dilanjutkan dengan FTV. 
Sore hari, dulu saya dan ribuan anak lainnya bisa menonton Big Bad Beetle Borg atau Power Ranger. Sekarang? Reality show sampah yang mengisi layar kaca setelah estafet infotainment sampai di garis finish.
Ingin mendengarkan lagu, dulu saya dan ribuan anak lainnya bisa mendengarkan 'Diobok-obok' atau 'Balon Udara'. Sekarang? Anak-anak Indonesia mendengarkan 'Cari Pacar Lagi' sebagai lagu favorit mereka.

Pertanyaan saya, apakah pantas?

Saya sangat bersyukur dilahirkan pada tahun 1990, saat di mana pertelevisian Indonesia masih mempertimbangkan kualitas dan standar kepantasan jam tayang sebuah acara. Sungguh bertolak belakang dengan pertelevisian Indonesia sekarang yang hanya mementingkan rating dan trend. Miris. Sungguh miris.

Makanya, saya bahagia sekali waktu Global TV merangkul Nickelodeon dan menampilkan kartun yang sedemikian banyaknya. Namun, kebahagiaan saya pudar seiring dengan semakin pendekya jam tayang Nickelodeon.

Saya sadar, saya tak akan bisa mengubah takdir anak-anak zaman sekarang, tapi saya berharap ada sedikit perubahan yang bisa disajikan untuk anak-anak sesuai dengan usia mereka. Saya tak tahu harus merasa kasihan atau lucu melihat anak umur 4 tahun menyanyikan lagu Ungu. hey, wake up! You're still kindergarten!

U're the best I've ever had
~FeN~

5 thoughts:

Valen said...

fen, ak setuju sekali.
aku jg merasa beruntung dilahiran taon 90.
masih bisa merasakan indahnya masa kanak-kanak yang murni kanak-kanak,,
lagu anak-anak, kartun, mainan barbie-barbie-an, baju-bajuan, masak-masakan, maen yeye di skola.
hahaha

je_z said...

aku harus merasa beruntung,seneng apo apes,sedi jadiny?dilahirke taon 80an hahahahaha

~'FeN'~ said...

89, sama la...
89 buntut samo 90 awal...
Apa bedanya, say?
Hahaha...

Harus merasa beruntung pernah ntn Power Ranger...

maria magdalena said...

gak pernah nonton doraemon! hahaha jarang nonton kartun -_- jam gereja itu hahaha
paling cm tau pelm2 yang maennya pagi2 buta doang.
tp beneran deh anak jaman skearang udah gak bener konsumsi tontonannyaaa

Anonymous said...

setuju...
jaman dah beda...
anak2 nyanyiin lagu2 cinta2an..
ckck...
untung dulu masih sempet nonton kartun2 keren...
hehe..